Toyota Siapkan Bantuan Kendaraan untuk Parepare dan Jeneponto

toyota-logoBantaeng, – Perusahaan otomotif terkemuka Jepang, Toyota Motor Coorporation mempersiapkan bantuan kendaraan layak pakai untuk Kotamadya Parepare dan Kabupaten Jeneponto.

Persiapan tersebut dilakukan setelah penyerahan bantuan berupa 3 unit pemadam kebakaran dan 1 unit ambulance untuk Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Jawa Tengah.

Penyerahan dilakukan Presiden Direktur Toyota Motor Corporation Wilayah Kochi Prefecture  Mr Tashioka Makoto kepada Bupati Gunung Kidul Ny Hj Badingah disaksikan Gubernur Kochi Prefecture Masanao Ozaki di Kantor Gubernur daerah setempat, pekan lalu.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah setibanya di Kabupaten Bantaeng, Minggu (10/8) setelah memfasilitasi pemberian bantuan itu mengatakan, daerah yang mendapat bantuan merupakan daerah yang telah menjalin kerjasama kemitraan.

Di Sulsel, beberapa daerah telah menandatangani naskah kesepahaman memorandum of understanding (MOU) beberapa waktu lalu. Beberapa diantaranya telah memperoleh bantuan, termasuk Pemprov Sulsel.

Sedang untuk Kotamadya Parepare dan Kabupaten Jeneponto akan segera menyusul, ujarnya.

Bupati yang juga Ketua Persatuan Sarjana Jepang (Persada) Sulsel itu mengatakan, petinggi Toyota sangat senang karena kendaraan bantuannya dimanfaatkan maksimal untuk kegiatan kemanusiaan.

Selama ini, bantuan berupa Damkar dan ambulance hanya diberikan untuk Kabupaten Bantaeng, namun setelah melihat manfaatnya, perusahaan otomotif ternama dunia itu memperluas bantuannya ke daerah lain atas rekomendasi Ketua Persada Sulsel.

Ia berharap, daerah yang mendapat bantuan agar memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang diberikan secara hibah tersebut untuk menunjang program kemanusiaan.

Di Bantaeng, kata Nurdin Abdullah, bantuan Jepang dimanfaatkan untuk program kesehatan gratis melalui Brigade Siaga Bencana  (BSB) yang ditunjang 20 orang dokter.

Melalui lembaga yang terpadu dengan tim Damkar yang dibawahi Bapedalda dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang dibawahi Depsos, kasus kematian ibu dan anak dapat ditekan hingga nol persen.

Demikian pula kasus kesehatan lainnya, termasuk kasus kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantaeng dapat ditangani BSB.(hms) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *