Tragedi Mina: Bertambah Lagi Jemaah Indonesia Meninggal, Jadi 41 Orang

Korban Tragedi MIna (ist)
Korban Tragedi MIna (ist)

Makkah (rakyatbersatu.com) –Data terbaru yang dirilis Kementerian Agama Indonesi menyebutkan hingga Senin (28/9/2015) jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia akibat tragedi Mina di Jalan 24 bertambah menjadi 41 orang jemaah, sementara yang masih dirawat juga bertambah menjadi 10 jemaah, sebelumny 6 jemaah.

“Sampai hari ini, jumlah jemaah Indonesia yang meninggal menjadi 41 orang, sebelumnya hanya 34 .Ada tambahan 7 jemaah lagi, “kata Arsyad Hidayat, Kepala Daker, Arsyad Hidayat di Makkah, Senin (28/9/2015)
Sedangkan jumlah jemaah yang belum kembali sudah berkurang. Sebelumnya ada sekitar 90 orang kini menjadi 82 orang.

Terkait penyebab tragedi Mina yang tengah dilidiki pejabat keamanan Arab Saudi menyebutkan bahwa saksi mata mengatakan, insiden diawali dengan terburu-burunya para jamaah haji dari Iran untuk melewati dan menerobos rute jamaah lainnya sambil mengampanyekan ide revolusi Iran. Mereka menolak diatur saat diminta kembali ke rute yang sudah ditentukan.

Pejabat Keamanan di Saudi mengatakan, penyebab insiden Mina disebabkan jamaah haji dari Iran tidak mengikuti rute yang sudah ditentukan pemerintah Saudi. Ini selalu terjadi setiap tahun.

“Jamaah dari Iran tidak mendengarkan dan mengabaikan instruksi kemudian bentrok dengan kami dan meneriakkan slogan-slogan revolusi sebelum terjadinya insiden,” ungkap seorang pejabat keamanan Saudi sebagaimana dikutip Sabq.org.

Sementara Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdallahaan, menegaskan, bahwa pemerintah Saudi harus bertanggungjawab atas kecelakaan ini. Dia mengatakan, Kementerian Luar Negeri Iran akan memanggil resmi Dubes di Arab Saudi di Teheran untuk menyampaikan protes Iran dan meminta penjelasan yang diperlukan tentang penyebab insiden, demikian lansir Salam-Online.(bbs/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *