Tragedi Mina Terulang Lagi: Sudah 717 Jemaah Tewas

Tim penyelamat berusaha mengevakuasi para korban (dok. Saudi Civil Defence Directorate)
Tim penyelamat berusaha mengevakuasi para korban (dok. Saudi Civil Defence Directorate)

Mina (rakyatbersatu,com) – Kementerian Pertahanan Sipil Arab Saudi kembali merilis jumlah korban Mina hingga Kamis (24/9/2015) pukul 21.00Wita sudah mencapai 717 korban tewas, Sementara korban luka bertambah menjadi 805 orang.

Tragedi Mina 2006  yang terulang lagi pada Kamis, 24 September 2015, sekitar pukul 07.00 pagi  juga menimpa  satu orang warga Indonesia. Namun korban yang belum diketahui identitas itu masih dalam perawatan. Kondisinya kesehatannya cukup baik, hanya membutuhkan perawatan saja.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat mengatakan pihaknya masih mengidentifikasi mengapa satu WNI tersebut berada di jalur yang tidak biasanya dilewati jemaah haji Indonesia.

Informasi lain menyebutkan musibah Mina tersebut terjadi ketika ratusan ribu jamaah sedang melempar jumroh sebagai rangkaian rukun berhaji di Mina.Namun tiba-tiba saja para jamaah berdesak-desakan, kemudian banyak diantara mereka yang terjatuh. Mereka ini terinjak-injak oleh jamaah lain yang juga berusaha ke luar dari situasi yang kacau itu. Akibatnya banyak diantara mereka tewa mengenaskan dan terluka. Korban tewas dalam insiden kebanyakan warga negara Yaman.

Pemerintah Arab Saudi yang menurunkan tim khusus masih melakukan upaya evakuasi dan sambil berharap jumlah korban tidak terus meningkat. Ambulance sudah didatangkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi ke rumah sakit yang berada di Makkah.

Proses evakuasi para korban masih berlangsung. Puluhan ambulance lalu-lalang di Jalan 204, tempat insiden terjadi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan peristiwa itu terjadi di jalan menuju tempat lontar jumrah di antara tenda tenda di Minah. Jalan tersebut bukan merupakan jalur yang digunakan oleh jamaah asal Indonesia untuk menuju lokasi lontar jumrah. KJRI sudah cek seluruh rumah sakit di Mina, belum ditemukan ada WNI yang menjadi korban.

Sementara itu, Al Jazeera melaporkan jalan tersebut bernama “Jalan 204” yang terletak di Mina. Jalur tersebut dipadati jamaah haji yang hendak melakukan ritual puncak haji yaitu lempar jumroh.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *