UNIDAYAN Baubau dan MPR RI Gelar Seminar Empat Pilar

DokumentasiBaubau (rakyatbersatu.com) – Kampus kerjasama dengan MPR RI menggelar seminar empat pilar berbangsa yakni; Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika). Seminar digelar  Senin 16 November 2015,  di Baruga La Ode Malim kampus Palagimata Unidayan Baubau. Demikian ditegaskan Kasubag Tata Usaha dan Humas Unidayan Baubau,  Dahmar, SKM.,M.Kes, Kamis 3 Desember 2015.

Tampil selaku pembicara pada seminar itu,  Ir. H. La Ode Muhammad Sjamsul Qamar, M.T. (Rektor Unidayan) dan Ir. Wa Ode Hamsinah Bolu, M.Sc. (Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia). Moderator Dr. Andi Tenri, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Riset, Pengembangan dan Kerja samaUnidayan). Peserta seminar berasal dari civitas akademika Unidayan.

Rektor Unidayan dalam sambutannya sangat mengapresiasi seminar 4 Pilar Kebangsaan yang berlangsung dan beliau dalam materi yang dibawakan mengatakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia secara alamiah mengalami pergeseran atau perubahan di semua sendi kehidupan yang sangat mengkhawatirkan, katanya.

Berangkat dari kondisi itulah diperlukan pemahaman, penghayatan dan Implementasi 4 pilar yang merupakan nilai nilai luhur bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Manusia Pancasila adalah manusia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berkemanusiaan yang adil dan beradab, mampu mengembangkan persatuan, penuh kebijaksanaan serta berkeadilan sosial.

Wa Ode Hamsinah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan Civitas akademika Unidayan atas kerja samanya sehingga seminar 4 pilar berbangsa dan bernegara bisa terselenggra. Beliau dalam materinya menguraikan secara detil bahwa Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Diakhir beliau berharap kegiatan atau seminar 4 pilar berbangsa dan bernegara ini agar bisa secara kontinu diselenggarakan.

“Keempat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara semestinya harus kita jaga, pahami, hayati, dan laksanakan dalam pranata kehidupan sehari-hari, dimana Pancasila yang menjadi sumber nilai menjadi ideologi, UUD 1945 sebagi aturan yang semestinya ditaati dan NKRI adalah harga mati, serta Bhinneka Tunggal Ika adalah perekat semua rakyat. Maka dalam bingkai empat pilar tersebut yakinlah tujuan yang dicita-citakan bangsa ini akan terwujud,” ungkap Dr Andi Tenri menutup diskusi seminar.(yaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *