Universitas Sawerigading Penyuluhan dan Mendata di Maros

 

Aminah Umar
Aminah Umar

Seratusan mahasiswa Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, Sabtu-Minggu, 12-13 April 2014, akan menjalani studi lapang di Dusun Sakeang Desa Bentenggajah Maros.  Pelepasan dilaksanakan di lantai II Kampus Unsa yang dihadiri Rektor, Prof Dr Andi Melantik Rompegading serta para civitas akademika lainnya. Demikian ditegaskan Ketua Studi Lapang 2014, ST.Amina H.Umar, ST,MT, Jumat, 11 April di kampus Jl. Kande II Makassar.

         Dijelaskan, sekitar  110 mahasiswa dari empat fakultas yakni, Teknik, Hukum, sospol dan Sastra jadi peserta studi lapang . Selama dilapangan, mahasiswa didampingi dosen pembimbing. Rencana kegiatan akan dilaksanaka  melakukan pendataan kondisi masysarakat, mengamati proses dinamika masyarajat serta melakukan penyuluhan soal  narkoba, HIV/AIDS dan zat adaptif lainnya, tandas magister tehnik PPs-UNHAS ini.

          Studi lapang ini mahasiswa lebih diharap mengamati  kondisi sosial yang ada sekaligus  memperkenalkan dan mensosialisasikan kampu  bagi masyarakat khususnya. Boleh jadi dari hasil studi lapang ini bisa ditindaklanjuti melalui  kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), ungkap Dekan Fakultas Tahnik UNSA ini.

          Pilihan pada Kabupaten Maros sebagai lokasi studi lapang, karena wilayah  ini salah satu daerah memiliki potensi pertanian luar biasa seperti perkebunan, pertanian tanaman pangan,   menghasillkan tanaman jeruk, markisa, kelapa, namun masih perlu dimaksimalkan, agar produksinya bisa lebih meningkat.

          Selain itu, lokasi ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik  dikawasan pucak. Letaknya kurang lebih 1 km dari lokasi praktik lapang.

“Studi lapangan ini  pernah juga di laksanakan di Luwu, Barru, Pangkep, Takalar, Gowa, Makassar dan beberapa kabupaten di Sulsel,” tegas wanita kelahiran Bone ini.    (ym/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *