UNM Temukan Model Pembelajaran Semi Kewirausahaan

 Dr.Andi Muhammad Idkhan, ST, MT
Dr.Andi Muhammad Idkhan, ST, MT

Makassar.RBCMantan Wakil Dekan III Fakultas Tehnik UNM, Dr.Andi Muhammad Idkhan, ST, MT, berhasil menemukan model pembelajaran semi kewirausahaan, setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul, Pengembangan Model Pembelajaran Semi Tranining Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, pada Sidang Senat Terbuka Ujian Promosi PPs-UNM, Rabu 3 Juli 2015 di kampus Jl. Landak Baru Makassar. Sidang promosi dipimpin Direktur PPs-UNM, Prof.Dr.Jasruddin, M.Si.

         Salah satu simpulan dari disertasinya dikatakan,  pada model pembelajaran semi training ini,  pembelajaran tidak hanya berupa kognitif atau penguasaan konsep,  tetapi juga menekankan pada penguasaan prikomotorik atau kemampuan praktek kewirausahaan dari materi yang sudah dipelajari. Modul yang dihasilkan berkriteria sangat valid, kepraktisannya sangat baik dan kemenarikannya sagat baik, ungkap magister tehnik mesin PPs-UNHAs ini.  

         Dijelaskan, model pembelajaran kewirausahaan memadukan pembelajaran kognitif dan psikomotorik melalui pengalaman nyata di lapangan. Realitas sosial menunjukkan mayoritas alumni fakultas tehnik masih terfokus pada impian menjadi guru atau PNS. “Keinginan besar itu sudah perlu ditinggalkan, data tahun 2009 sampai 2011, guru tehnik  pada sekolah di Makassar hanya 9 orang memasuki masa pensiun, sementara setiap tahun fakultas tehnik UNM menghasilkan alumni 20-27 orang,” tandas sarjana tehnik mesin UNHAs ini.

       Fakta lapangan itu seharusnya menyadarkan alumni untuk memikirkan jadi wirausaha  yang mampu membuka wirausaha menciptakan lapanga kerja dan menyerap pencari kerja. “Penerapan model pembelajaran semi training di fakultas tehnik akan mencetak sarjana memiliki semangat wirausaha yang cukup tajam,” tegas mantan Ketua Jurusan Tehnnik Mesin UNM 2007 ini.

      Pada penulisan disertasi anggota Satuan Pengawas Internal (SPI) UNM ini, dibimbing Promtor, Prof.Dr.H.Arifin Ahmad, MA. Kopromotor I dan II, Prof.Dr.Chalid Imran Musa, M.Si dan Prof.Dr.H.Hussain syam, M.TP. Dosen penguji; Prof.Dr.Mansyur, M.Si; Prof.Dr.Syamsul Bahri, MS; serta penguji eksternal, Dr.Wijanarko, M.Pd.

     Turut hadir dalam ujian promosi itu, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Drs.Akbar Faizal, M.Si; Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, mantan anggota DPRD Sulsel dan Bupati Majene, Drs.Andi Burhanudin, serta bapaknya yang juga dosen senior UNM, Drs.H.Andi Marzuki Amal dan dosen UNM lainnya.(ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *