Upacara HUT TNI di Parepare Meriah dan Sukses

Suasana berlangsungnya apel dalam rangka memperingati HUT TNI ke 70 di Parepare. (foto rahman pare/RBC)
Suasana berlangsungnya apel dalam rangka memperingati HUT TNI ke 70 di Parepare. (foto rahman pare/RBC)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Perayaan HUT Ke-70 TNI tahun ini lebih meriah. Sejumlah kalangan menyatu di  Lapangan Andi Makkasau Parepare turut hadir Walikota Parepare DR. HM. Taufan Pawe, Plt. Ketua DPRD kota Parepare Jhon Pananangan, dan pejabat lainnya, bahkan turut pula kalangan kepala sekolah menengah dan siswa siswi sekolah dasar, serta anggota  pramuka yang juga turut ambil barisan.

Pelaksanaan upacara HUT wilayah Korem 142 Taro Ada Taro Gau (Tatag), Senin 5 Oktober. Dengan tema “Bersama  Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian “Perayaan hari jadi TNI diawali dengan upacara militer yang bertindak selaku inspektur upacara  Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh,  dan selaku komandan upacara letkol Inf. Hendi Ahmad Pribadi dan juga selaku Dandim 1420 sidrap. Sambutan seragam dari persiden RI yang dibacakan oleh inspektur upacara, namun sebelum dibacakan, inspektur upacara terlebih dahulu mengaturkan permohonan maaf dan ucapan terimah kasih kepada Danrem 142 dan Presiden RI  atas kepercayaan yang diberikan untuk jadi inspetur upacara pada peringatan TNI yang ke 70 kali ini.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan pertunjukan drama kolosal perjuangan heroik Jenderal Sudirman. Selain itu, juga diberikan kesempatan masyarakat menyaksikan parade pasukan yang diikuti anggota TNI, kepolisian, PNS, marching band dan karnaval petani, serta pertunjukan adu ketangkasan bela diri Iyongmoto.

Kemeriahan pelaksanaan peringatan HUT TNI  ditambah dengan penampilan siswa SMA Kabupaten Mamuju, mahasiswa dan TNI melakukan teater drama tentang Panglima Jenderal Sudirman. Pertunjukan ini diadakan dalam rangka mengenang perjuangan Jenderal Sudirman kala itu. Sorakan dari warga yang menyaksikan pementasan tersebut membahana. Bahkan Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh langsung menyapa dan berfoto bersama dengan pemeran tokoh-tokoh dalam drama tersebut.

Menurut Anwar Adnan Saleh, TNI sekarang berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Makanya, ia mengajak  agar terus menjaga keutuhan NKRI, dan bersama rakyat, menjaga sinegritas dalam membangun bangsa.

Danrem 142 Tatag, Kolonel Inf Syarifuddin, menjelaskan, peringatan HUT TNI diikuti 10 Kodim yang berada di bawah komando Korem 142 Tatag, yaitu Kodim Pinrang, Parepare, Sidrap, Enrekang, Polmas, Majene, Palopo, Tator, Mamuju, Pangkep serta Yonif Ter/721 berkedudukan di Benteng, Pinrang.

“Ada pula karnaval petani yang dimasukkan dalam rangkaian kegiatan HUT TNI sebagai bentuk kepedulian  terhadap ketahanan pangan dan memberikan motivasi ke petani agar terus meningkatkan produksi menuju swasembada pangan,” ujarnya. Perwira dengan tiga melati di pundak ini menambahkan, karnaval petani juga sebagai bentuk daya dorongan ke petani supaya mereka yakin bahwa pekerjaan petani bukan pekerjaan rendah, melainkan pendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Ini merupakan bentuk sinergitas yang diperlihatkan anggota TNI bersama rakyat. Kekuatan TNI tidak akan mampu tercapai tanpa adanya dukungan dan kerjasama masyarakat. TNI akan besar dengan dorongan masyarakat,”  ujarnya. Syafruddin mengaku, ke depan, kegiatan yang dilakukan TNI lebih kepada kepedulian masyarakat, sehingga bisa langsung bersentuhan ke masyarakat. (Rah/Pre )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *