Uruguay dan Chile Terhenti, Brasil vs Kolombia Diperempat Final

James Rodriguez, Bintang Kolombia (ist)
James Rodriguez, Bintang Kolombia (ist)

Rio de Janiero.- Timnas Kolombia kembali membuktikan diri sebagai tim hebat di ajang Piala Dunia 2014 setelah membungkam Timnas Uruguay 2-0 pada babak 16 besar yang berlangsung di Estadio Maracana, Minggu (29/6/2014) dinihari WIB. Dengan hasil ini Kolombia akan berhadapan Timnas Brasil di babak perempatfinal, setelah susah payah mengalahkan Chile 3-2 lewat adu finalti.

Dipulangkannya Luis Suarez akibat insiden gigitan mautnya cukup berpengaruh terhadap kekuatan tim. Dengan mengandalkan Edinson Cavani dan Diego Forlan tak sanggup mendobrak pertahanan Kolombia kendaati beberapa peluang baik nyaris enciptakan gol. Namun La Celeste tetap kesulitan menembus solidnya pertahakan tim lawan hingga pertandingan usai.

Sementara itu, James Rodriguez menjadi bintang saat Kolombia menyingkirkan Uruguay. Penyeranag Kolombia ini sukses membobol gawang lawannya pada menit 28 dan 50.

“Ini sejarah, sebuah mimpi yang menjadi kenyataan: aku selalu menginginkan untuk mencetak gol di Maracana dan sekarang aku sudah melakukannya,” ucap James sebagaimana dikutip dari Fifa.com.

Pelatih Timnas Uruguay Oscar Tabarez mengakui kekalahan timnya dari Kolombia. Dia juga tak segan memberi pujian untuk lawannya itu.

“Kami tahu Kolombia adalah tim yang hebat. Gol pertama 100 persen adalah berkat si pemain yang mencetak gol. Itu adalah salah satu gol terbaik di Piala Dunia,” kata Tabarez mengakui seperti diwartakan Football Espana.

“Kami harus menerima kekalahan ini, memberi selamat kepada Kolombia dan mendoakan semoga mereka sukses karena mereka adalah tim Amerika Selatan. “Kami sudah mendapat pengalaman dan kami melalui situasi yang sulit,” imbuh Tabarez.

Kekalahan ini menghentikan langkah Uruguay di babak 16 besar. Edinson Cavani dkk. gagal mengulang prestasi empat tahun lalu di mana mereka meraih peringkat ketiga.

Chile Kalah Menyedihkan
Sementara itu, Timnas Chile harus mengakhiri perjalanannya di Piala Dunia setelah kalah menyedihkan melalui adu penalti dengan Brasil.

Memainkan laga babak 16 besar di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu (28/6/2014), Chile tertinggal lebih dulu setelah David Luiz bikin gol di menit ke-18. Namun Alexis Sanchez kemudian membawa Chile menyamakan kedudukan di menit ke-32.

Meski tampil di bawah tekanan puluhan ribu suporter tuan rumah, Chile bisa merepotkan tuan rumah. Mereka bahkan nyaris mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir babak kedua masa perpanjangan waktu andai gol Mauricio Pinilla tak membentur mistar gawang.

Skor 1-1 yang tetap bertahan hingga babak perpanjangan waktu usai memaksa laga dilanjutkan dengan adu penalti. Chile akhirnya harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-3 setelah tendangan eksekutor terakhir mereka, Gonzalo Jara, dimentahkan tiang gawang.

Kekalahan itu amat disesali oleh Vidal. Dia menilai timnya sudah memberi segalanya di atas lapangan.”Sangat berat tersingkir seperti ini,” ucap gelandang Juventus itu kepada FIFA seperti dikutip Football Italia.

“Kami memainkan pertandingan yang luar biasa dan memberi segalanya. Saya senang dengan penampilan teman-teman setim saya.Kami mencoba berjuang untuk sebuah mimpi, tapi tidak berhasil,” katanya Vidal menambahkan.(yd/bbs)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *