Usaha Bandeng Tanpa Duri di Pinrang Tersertifikasi SNI

ikanPinrang.RBC.– Usaha Kecil Menengah (UKM)  88 Marijo  Pinrang, memproduk ikan bandeng cabut duri telah mendapat sertifkasi sejak 2014 dari Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasioal (BSN) dengan nomor: SNI 7316:2009.  Penjualan   mengalami kenaikan signifikan setelah produknya lulus sertifikasi SNI.  Pelanggan dan peminat setiap saat berdatangan dari berbagai daerah. Demikian ditegaskan pengusaha UKM 88 Marijo,  Mariyani di temui beberapa waktu lalu  di Pinrang.

Dijelaskan,  hampir setiap hari pelanggan datang membeli bandeng baik dalam partai besar maupun eceran, bahkan ada pelanggan dari kompetitor yang sekarang beralih menjadi pelanggan bandeng. Penerapan SNI ini proses produknya menjadi lebih teratur, bersih dan hygienes, tandas Mariyani.

itambahkan, harga produknya  lebih mahal dibanding yang lain, namun dari segi kualitas dan standar keamanan pangan, bandeng  88 Marijo  lebih terjamin. Tak jarang pelanggan diajak untuk melihat langsung proses produksi bandeng untuk lebih meyakinkan para pelanggannya, ungkap Mariyani.

Selama ini  tandas Mariyani, pembinaan penerapan SNI   masih dilakukan  pusat  di Jakarta, akan lebih baik kalau pemerintah kabupaten dan kota  di berbagai daerah di Sulawesi langsung membina industrinya,  melalui penerapan SNI. Sehingga akan banyak produk lokal di Sulawesi dapat go national bahkan bersaing dengan produk global.

Badan Standardisasi Nasional sebagai lembaga pemerintah bertugas melakukan pembinaan di bidang standardisasi, secara kontinyu mengajak pemda untuk bersama-sama membina industrinya melalui penerapan SNI.  Jangan sampai masyarakat mengkonsumsi produk tidak aman dan berbahaya. Disamping itu, hadir kondisi  industri domestik kalah bersaing  produk global hanya karena tidak memenuhi standar. Saatnya Indonesia bangkit dan berdaya saing tinggi dengan menerapkan standard, tegas Mariyani. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *