Valentino Rossi:Balapan yang Memalukan

Valentino Rossi dan Marc Marquez (ist)
Valentino Rossi dan Marc Marquez (ist)

Valencia (rakyatbersatu.com) – Kemenangan yang diraih Jorge Lorenzo sebagai juara dunia motoGP 2015 ternyata tidak disambut riang oleh Valentino Rossi, rekan setimnya. Pasalnya Rossi menilai bahwa Lorenzo telah dikawal oleh Marc Marquez untuk merebut mahkota juara dunia tersebut. Bahkan Rossi menyebut balapan terakhir ini sangat memalukan untuk olahraga ini.

“Saya melakukan yang bisa saya lakukan, tapi ada situasi aneh di mana Marquez jadi pengawal Lorenzo. Itu memalukan untuk olahraga ini,” kata Rossi usai balapan.

“Semoga saja otoritas olahraga ini akan bisa menyelesaikannya. Ini akhir yang buruk dari sebuah kejuaraan yang harusnya berjalan menarik,” cetus Rossi seperti dikutip dari Reuters.

Tak hanya Marquez, Rossi juga menyebut Tim Honda telah membiarkan pembalapnya memberi kemenangan pada lawan, dan tak memberi kesempatan pada rekan setim, Dani Pedrosa.

“Buat saya posisi Honda sangat aneh. Saya tidak tahu bagaimana sebuah pabrikan bisa mengizinkan satu pebalapnya membantu Yamaha meraih kemenangan dan pebalap itu justru bertarung dengan rekannya sendiri. Itu sangat aneh. Tapi saya tidak memahaminya,” lanjut Rossi di Crash.

Publik juga menilai, bahwa Marc Marquez tidak terlalu agresif mematahkan ambisi Jorge Lorenzo, padahal kesempatan menyalip ada. Jarak Lorenzo dan Marquez 0,2 detik pada 10 lap terakhir tak dimanfaatkan oleh jagoan Honda.

Perlawanan justrus diperlihatkan oleh Dani Pedrosa yang berusaha keras mengambil posisi rekan setimnya pada lap ke 23, dan tiga lap sebelum balapan berakhir catatan waktu Pedrosa untuk satu putaran lebih cepat 0,4 detik dibanding Lorenzo. Kemudian pada lap ke 29, Padrosa sempat mendahului Marquez, tetapi itu tidak berlangsung lama, Marquez kembali mengamankan posisinya.

Hingga balapan tuntas, Jorge Lorenzo tidak sedikit pun terusik oleh Marquez, dan melenggang mulus merebut mahkota tahta tertinggi balapa kelas dunia itu. Sementara Marquez terlihat puas di finis kedua, Pedrosa di podium ketiga.

Bantah tudingan Rossi
Sementara itu Marc Marquez membatah keras tudingan Valentino Rossi yang menyebut dirinya menjadi pengawal Lorenzo menjadi juara dunia, dan Marquez menyebut Rossi telah menghinanya.

“Jika saya memang seperti itu, saya akan melambat lima sampai 10 detik di belakang Lorenzo, bukan dua persepuluh detik. Itu akan lebih mudah karena saya tidak perlu mengambil risiko,” seru Marquez usai balapan di Valencia.

“Itu (tudingan) yang sulit diterima…karena saya sudah memberikan 100%.”

“Anda tahu, dia sudah mengatakan itu setelah di Phillip Island. Itu hal yang tidak saya mengerti karena di Phillip Island saya memberinya (Rossi) lima poin (dengan menyalip Lorenzo jelang balapan tuntas dan menjadi juara). (Andrea) Inannone memberinya empat poin.”

“Setelah di Phillip Island dia datang ke saya, mengatakan maaf, menjabat tangan dan yang lainnya. Lalu kami tiba di Malaysia dan dia berbicara di hari Kamis itu (menuding Marquez mendukung Lorenzo jadi juara dunia),” ucap Marquez di Motorsport.com. (yd/bbs)
Saat Valentino Rossi berjuang keras m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *