Walikota Parepare Bantu Korban Bencana di Lumpue

Walikota Parepare, Taufan Pawe memberi bantuan kepada korban bencana  di Lumpue (ist)
Walikota Parepare, Taufan Pawe memberi bantuan kepada korban bencana di Lumpue (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menyerahkan bantuan uang tunai kepada 38 kepala keluarga (KK) korban bencana angin kencang dan kebakaran yang terjadi di empat kecamatan. Acara ini berlangsung di Aula Kantor  Kecamatan Bacukiki Barat, Rabu, 30 Desember.

Pada kesempatan ini Taufan juga menyerahkan bantuan uang tunai untuk dua orang korban kebakaran.  Salah satunya adalah Yahya yang bertempat tinggal di Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung. Setiap korban mendapatkan Rp7.5 juta

Kabag Keuangan Pemkot Parepare, Jamaluddin Achmad, menjelaskan, khusus untuk korban angin kencang, besaran bantuan setiap KK tergantung tingkat kerusakan yang mereka dialami. Mulai dari kerusakan ringan, sedang  hingga kerusakan berat,” kata Jamaluddin, di sela-sela acara.

Seluruh penerima bantuan tersebut, ujar Jamaluddin, telah diverifikasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Parepare. Hasil verifikasi lapangan inilah yang dijadikan dasar oleh Bagian Keuangan mengakukan permohonan penerbitan SK Walikota untuk membayar para korban.

“Setelah datanya divalidasi oleh BPBD di lapangan, kami buatkan pertimbangan ke Pak Wali bahwa benar sesuai verifikasi lapangan BPBD para korbantersebut layak diberi bantuan. Setiap korban kita berikan bantuan sesuai tingkat kerusakan  yang terjadi,” kata Jamaluddin.

Dari empat kecamatan yang mendapatkan bantuan, Kecamatan Bacukiki Barat merupakan daerah terbanyak yang menerima bantuan. Wilayah ini setiap tahun memang senantiasa menjadi langganan angin kencang karena posisinya yang terbuka dari pantai.

Di Kecamatan Bascukiki Barat ada 27 kepala keluarga yang terima. Disusul kemudian Kecamatan Ujung ada lima kepala keluarga, Kecamatan Bacukiki empat kepala keluarga serta Kecamatan Soreang tiga kepala keluarga,” terangnya.

Jamaluddin juga menjelaskan bahwa bantuan  yang diberikan sifatnnya untuk meringankan penderitaan para korban. Bantuan ini bersumber dari APBD Kota Parepare dan telah melalui mekanisme dan prosedur dalam pengucurannya.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, meminta para korban bersabar.  Pemerintah Kota Parepare kata dia, tak akan pernah tingggal diam dalam persoalan bencana. Pemkot bersama TNI Polri akan senantiasa berupaya membantu setiap warga yang terkena bencana.

Taufan pun minta seluruh perangkatnya, khususnya Camat Lurah untuk proaktif memantau kondisi warganya. Jangan sampai kata Taufan, ada warga Parepare yang mengalami bencana tidak terlaporkan ke BPBD.

Kedepan, Pemerintah Kota Parepare, terang Taufan, telah memikirkan untuk menyatukan seluruh unit-unit penanganan bencana, seperti BPBD, Pemadam Kebakaran, Call Centre 112, Tagana dan bantuan ambulance dalam satu wadah khusus.

Dengan cara ini, koordinasi penanggulangan dan penanganan bencana dapat dilakukan secara cepat dan terpusat, sehingga hasilnya pun bisa optimal.  (a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *