Walikota Parepare Berangkatkan 40 Imam Masjid untuk Umroh

Walikota Parepare, Taufan Pawe
Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe

PAREPARE, RBC – Pemerintah Kota Parepare  memberangkatkan Umroh 30 orang Imam Masjid di tanah suci. Mereka adalah bagian dari 103 imam masjid yang dijanjikan Umroh oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe hingga 2017 mendatang.

Kabag Kesra, Aminah Amin, menjelaskan, para Imam Masjid yang beruntung tersebut, merupakan hasil seleksi Program Umroh Pemkot Parepare yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kota Parepare  Mei lalu.
Mereka berasal dari empat kecamatan dengan rentang usia antara 25 tahun hingga 82 tahun. Untuk Kecamatan Soreang 14 orang, Kecamatan Bacukiki Barat 8 orang, Bacukiki 6 orang dan Kecamatan Ujung 2 Orang. Dari 85 peserta seleksi kata Aminah, berhasil terpilih 30 orang. Mereka  dinyatakan telah memenuhi seluruh syarat yang ditetapkan Kementerian Agama.

“Syaratnya adalah belum pernah naik Umroh atau haji, memiliki kemampuan tilawah yang baik, masa pengabdian minimal  tiga tahun, dan berperan aktif dalam pembangunan umat,” kata Aminah.

Seleksi ini melibatkan akademisi Umpar, yakni Prof Dr HM Siri Dangnga, Ketua MUI Parepare, Dr H Abd Halim, tokoh agama H. Shafatiarah, Hafidz 30 just, H Hasyim Usman, dan tokoh masyarakat, H. Rahman Saleh. “Sesuai kesepakatan para imam, mereka menunjuk PT Zakia Dina Tayyibah sebagai penyelenggara Umroh,” ujar Aminah. Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, menjelaskan, kebijakan memberangkatkan seluruh Imam Masjid di Parepare melaksanakan ibadah Umroh didasari pemikiran bahwa pembangunan fisik Kota Parepare harus berbanding lurus dengan pembangunan manusianya.

Ia menjanjikan, paling lambat 2017, seluruh imam masjid yang didata oleh Kementerian Agama Kota Parepare, akan diberangkan melaksanakan ibadah Umroh oleh Taufan.  Pemerintah kota kata dia, telah menjadwalkan 2016 mendatang kembali memberangkatkan Umroh imam masjid dengan jumlah lebih banyak.

“Saya suda minta Kepala Bappeda untuk siapkan anggarannya. Kita kembali umrohkan 35 imam. Yakni 20 orang melalui APBD pokok dan 15 orang di APBD Perubahan,” terang Taufan.

Hal sama kembali dilakukan Taufan pada  tahun 2017 nanti. Taufan telah memprogramkan memberangkatkan Umroh imam masjid sebanyak 33 orang, masing-masing 20 orang di APBD pokok dan 18 orang di APBD perubahan. Pada kesempatan ini Taufan juga menjanjikan memberikan uang saku Rp1 juta kepada setiap imam. Uang saku ini bersumber dari uang pribadi Taufan.

Hj. Erna Durahman, Pimpinan PT Zakia Dina Tayyibah, menjelaskan, selama di tanah suci mereka akan ditangani provider visa Arab Saudi berpengalaman, yakni Andalus. Para imam masjid ini akan diberangkatkan dengan  pesawat Garuda tanggal 7 Desember 2015, dan balik tanggal 18 Desember, juga dengan pesawat garuda.

Adapun biaya paket Umroh  per orang 2050 US Dolar atau sekitar Rp 28 juta. Erna minta para imam mensyukuri nikmat Tuhan yang mereka terima dan mendoakan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe secara khusus di depan Baitullah di Masjidil Haram.

Rencananya, selama Madinah mereka diinapkan di Hotel Royal Andalus yang berjarak sekitar 100 dari  Masjid Nabawi. Sementara di Mekkah akan diinapkan di hotel  sekitar 400 meter dari Masjidil Haram.(rah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *