Wartawan ‘Media Matahari Group’ Harus Sopan dan Tak Boleh Berambut Gondrong

Pemimpin Redaksi Media Matahari Selly Lestari
Pemimpin Redaksi Media Matahari Selly Lestari

Makassar (rakyatbersatu.com) – Wartawan ‘Media Matahari Group’ harus senantiasa berlaku sopan dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Disamping itu dalam menulis berita, wartawan harus menaati kode etik wartawan, misalnya; senantiasa melakukan check and recheck sebelum menurunkan berita, agar berita-berita yang dimuat oleh media-media yang terbit di bawah bendera ‘Matahari Group’ selalu akurat. “Dan, satu lagi, wartawan media grup ini tidak boleh berambut gondrong.”

Demikian ditegaskan Pemimpin Redaksi Media Matahari Selly Lestari di hadapan jajarannya dalam suatu pertemuan koordinatif yang berlangsung di kantor Redaksi Surat Kabar ‘Matahari Timur’ di Kompleks Hartako indah, Selasa malam, 3 November 2015. Hadir dalam pertemuan tersebut, para petinggi dan wartawan grup media tersebut.

“Dengan menaati kode etik jurnalistik dalam menulis berita, wartawan akan terhindar dari delik pers,” lanjut Selly yang baru saja ditetapkan sebagai Bendahara PWI Sulsel hasil Konferensi Provinsi PWI Sulsel 2015 yang dilaksanakan 30 – 31 Oktober lalu di Gedung PWI Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar.

Lebih jauh Selly mengemukakan, setiap wartawan media Matahari Group harus berlaku sopan dalam memburu berita dan apabila berhadapan dengan nara sumber. “Penampilan harus dijaga supaya tetap rapi. Misalnya, jangan buka kancing baju. Juga jangan tampil dengan rambut gondrong,” tegas Selly yang dikenal oleh para wartawannya sebagai seorang pemimpin yang tidak banyak bicara tetapi banyak kerja.

“Dengan berlaku sopan dan berpenampilan yang baik, akan sangat membantu wartawan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan,” katanya lagi. Tak lupa Selly mengingatkan kepada semua wartawan, apabila memburu berita, jangan sampai lupa membawa KTP dan SIM, karena kedua alat kelengkapan ini merupakan prasyarat bagi seseorang yang melakukan perjalanan dengan mengendarai kendaraan.

“Jangan karena merasa mentang-mentang wartawan, seenaknya tidak bawa KTP, SIM STNK, dan tentu saja Kartu Pers, karena semua kartu identitas ini akan memudahkan wartawan melaksanakan tugas-tugas jurnalistiknya,” kata Selly yang juga dikenal oleh para wartawannya sebagai pemimpin yang sangat disiplin dan patuh pada peraturan.

‘Media Matahari Group’ merupakan salah satu grup media yang sudah berkiprah cukup lama, yakni; sejak awal era reformasi di Indonesia. Beberapa media cetak yang berada di bawah Matahari Group antara lain’ ‘Matahari Timur’ dan ‘Lampu Kuning’ (koran), dan Majalah Waktoe.

Dalam menurunkan berita-beritanya, media ‘Matahari Group’ terkenal sebagai kelompok media yang cukup tajam dan berani mengeritik pemerintah apabila pemerintah melakukan langkah-langkah atau kebijakan melanggar hukum, apalagi kalau sampai merugikan rakyat. Namun di balik itu, Matahari Group juga tidak segan-segan memberikan pujian kepada pejabat pemerintah yang sukses memajukan daerahnya dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. (uka)

 

Ket foto

Selly Lestari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *