Yohana S.Yembise, Perempuan Pemberani dari Papua

Yohana S. Yembise (ist)
Yohana S. Yembise (ist)

Presiden Joko Widodo menaruh harapan besar kepada sosok wanita Papua bernama Yohana S Yembise. Wanita kelahiran Manokwari, Papua Barat, 1 Oktober 1958 ditugaskan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Bukan tanpa alasan yang jelas dan tegas mengapa Jokowi menempatkannya pada posisi itu. Yohana merupakan sosok perempuan pemberani dari Papua yang punya kemampuan untuk memberdayakan kaum perempuan dan melindungi anak-anak dari lingkaran kesulitan dan keterbatasan yang dihadapi.Karena itu dia cukup layak menjadi inspirasi perempuan Papua.

Yohana yang saat ini mengajar pada Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih merupakan perempuan pertama Papua yang menyandang gelar profesor yang dikukuhkan oleh Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, Festus Simbiak, di Auditorium Uncen, pada 14 November 2012silam.

“Ibu Yohana ini perempuan Papua pertama di Papua yang menjadi Profesor. Semoga kehadirannya di kabinet sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mampu memberi inspirasi bagi perempuan yang lain,” ujar Presiden Joko Widodo saat mengumumkan susunan kabinetnya.

Ibu tiga anak ini meraih gelar doctornya di University of Newcastle Australia, dia punya pengalaman di dalam maupun luar negeri yang bersentuhan dengan dunia pendidikan. Dia juga menjadi Ketua Tim Seleksi Guru Bahasa Inggris SMP, SMK dan SMA di Kabupaten Merauke untuk persiapan pengiriman guru bahasa Inggris ke Sunshine Coast University Australia.

Lalu apa program dari istri Leo Danuwira ini di Kabinet Kerja Jokowi-JK?
“Sebagai anak bangsa, wajib hukumnya merasakan kesejahteraan,” kata Yohana di Kompleks Istana Kepresidenan, Minggu 26 Oktober 2014. Dia berencana dalam waktu lima tahun ke depan ingin mengurangi kemiskinan di Indonesia. “Saya kira saya bukan mencoba dan mendapatkan tahapan dan waktu itu kita mengurangi kemiskinan,” jelas Yohana.(yd/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *